Headlines News :
Home » » Cara Format Hardisk dengan Bootable Disk

Cara Format Hardisk dengan Bootable Disk

Written By Moch. Afrizal Abdi Wiguna on Selasa, 07 Agustus 2012 | 18.09


Sering kali komputer kita mengalami kerusakan sistem pada hardisk komputer dan ingin menghapus atau format seluruh isi hardisk untuk install ulang. Pada Windows 95/98/ME/NT terdapat fasilitas untuk membuat bootable ke dalam disket. Kita juga dapat menggunakan CD Bootable untuk memformat seluruh partisi hardisk.

Sebelumnya pastikan BIOS pada motherboard disetting terlebih dahulu pada posisi pertama boot melalui disket atau CD ROM.

Langkah-langkah di bawah ini adalah Cara Format Hardisk dengan Bootable Disk untuk pengguna dengan MS-DOS 5.0 +, Windows 3.x, Windows 95, Windows 98, Windows ME, dan Windows NT 4.0.


  1. Tempatkan disket atau CD bootable atau di dalam komputer dan reboot untuk sampai ke DOS prompt. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu boot komputer dengan dukungan CD-ROM atau tekan tombol untuk boot dari disk.
  2. Pada format MS-DOS prompt ketik c: / s
  3. Komputer akan meminta Anda ""Are you sure you want to erase everything on drive c:"" jika anda ok dengan melakukan hal ini tekan "Y" untuk ya dan tekan enter.
  4. Setelah melakukan hal ini, komputer akan memulai proses format. Pada saat komputer melakukan format pastikan tidak ada kesalahan yang ditemukan.
  5. Setelah proses format selesai dengan sukses, di MS-DOS prompt ketik fdisk/ mbr dan tekan enter. Hal ini seharunya kembali ke MS-DOS prompt dengan pesan no. Langkah ini tidak diperlukan, tetapi dianjurkan.
  6. Setelah kembali ke MS-DOS prompt, reboot komputer dengan bootable disk masih dalam komputer.
  7. Setelah kembali ke MS-DOS prompt, masukkan disket atau CD Bootable baik untuk MS-DOS, Windows 3.x, Windows 95, atau CD untuk Windows 95, Windows 98 atau Windows NT dan klik link yang sesuai.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Website | Template | Template
Copyright © 2011. Komputerindo - All Rights Reserved
Template Created by admin website Published by Template
Proudly powered by Blogger