Headlines News :
Home » » Tutorial Mengatasi Masalah NTLDR Pada Windows XP

Tutorial Mengatasi Masalah NTLDR Pada Windows XP

Written By Moch. Afrizal Abdi Wiguna on Selasa, 07 Agustus 2012 | 18.10


Halo kawan imam77 , windows xp memang terkesan jadul yah , karna sekarang udah ada windows 7 , 8 dll :D , tapi di win xp sering kali ada maslah , dan ini pernah saya alami , contohnya “NTLDR is missing” ini adalah salah satu permasalahan umum pada Windows XP sesuai dengan message yang tertulis pada layar monitor saat kita menghidupkan PC nya.
Permasalahan ini terjadi karena ada salah satu bagian dari windows yang terhapus yaitu file NTLDR, baik sengaja maupun tidak disengaja, hilangnya komponen Windows ini juga biasa disebabkan karena virus yang menginfeksi file tersebut, sehingga saat terdetect oleh antivirus, filenya terhapus. Dalam keadaan tersebut tidak terjadi apa-apa pada Windowsnya, tapi setelah system di shutdown atau restart, maka akan tampil pesan seperti gambar dibawah. Solusi yang paling banyak dilakukan adalah dengan cara menginstal ulang sistem operasi. Atau jika anda ingin program-program aplikasi tidak ikut terbuang, maka anda dapat melakukan repair sistem operasi saja.
NTLDR is missing CTRL+Alt+Del to restart seperti pada gambar di bawah.
Baiklah langsung saja, kita ke pembahsannya. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah 1

Masuk ke konfigurasi BIOSnya, dan aturlah urutan bootingnya sesuai dengan saat kita menginstall OS seperti yang tampil pada gambar di bawah ini. Dan setelah itu lanjutkan dengan cara menginstall Windows XP seperti biasa.

Langkah 2

Setelah muncul layar awal Welcome to Setup Windows Xp, muncul 3 perintah pilihan. Dimana :
  1. Enter –> Install Ulang Windows XP
  2. R –> Repair / Memperbaiki Windows XP nya apabila terjadi error atau lain sebagainya.
  3. F3 –> keluar proses installasi
Nah disini kita harus memilih langkah yang simple, jangan di install ulang, tetapi cukup di repair aja. Dan pilihlah option diatas dengan menekan tombol R.

Langkah 3

Setelah menekan tombol R, maka akan tampil Repair Windows XP dengan tampilan Console (Command Prompt). Langkah awalnya adalah tekan tombol 1 kemudian ikuti dengan menekan tombol Enter. Kemudian Windows akan meminta password Administrator daripada Windows Xpnya. Jika tidak ada, kosongkan saja.

Langkah 4

Cek lah dimasing-masing drive yang terbaca pada system di komputernya. C, D, atau E. Nah untuk system yang saya pakai, Optical Drive yang berisi kaset Installasi Windows XP nya ada pada drive E:.

Langkah 5

Kemudian copy file NTDLR yang ada pada CD Windows XP nya dan tepatnya di folder i386 ke drive C: , dan file ntdetect.com pada lokasi yang sama. Dengan mengetikkan perintah seperti gambar di atas. Setelah kedua file tersebut tercopy, maka ketikkan perintah exit untuk keluar dari proses repair tersebut. Selamat mencoba!.

Semoga Bermanfaat :)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Belajar Jaringan

Loading...
 
Support : Website | Template | Template
Copyright © 2011. Komputerindo - All Rights Reserved
Template Created by admin website Published by Template
Proudly powered by Blogger