Headlines News :
Home » » PERIPHERAL PADA PC

PERIPHERAL PADA PC

Written By Moch. Afrizal Abdi Wiguna on Selasa, 07 Agustus 2012 | 18.57

Peripheral adalah alat tambahan. jadi Peripheral Komputer adalah alat tambahan untuk komputer. jenis-jenis peripheral sendiri macam-macam.

1. VGA Card



Fungsinya untuk mengubah sinyal-sinyal digital pada komputer menjadi display.


2. Sound Card



Fungsinya untuk mengubah sinyal-sinyal digital pada komputer di ubah dalam bentuk suara

3. TV Card



Fungsinya agar Komputer bisa menyalakan TV. Ada 2 jenis, yaitu internal dan eksternal. Adapun kelebihan dan kekurangannya :

5. LAN Card



LAN dapat definisikan sebagai network atau jaringan sejumlah sistem
komputer yang lokasinya terbatas didalam satu gedung, satu kompleksgedung
atau suatu kampus dan tidak menggunakan media fasilitas komunikasi umum
seperti telepon, melainkan pemilik dan pengelola media komunikasinya
adalah pemilik LAN itu sendiri.

6. PRINTER



Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak.

7. MODEM



MODEM merupakan singkatan dari Modulation demodulation. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

8. MONITOR



Monitor merupakan peripheral terpenting dalam sebuah PC. Karena jika tidak ada monitor tidak akan bias memunculkan grafik dari PC itu senderi. Dimasa sekarang ini banyak sekali merk dari monitor. Contohnya : LG, Zyrex, dan lain-lain.

9. SCANNER



Pemindai atau scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya, antara lain:

pemindai gambar
pemindai barcode
pemindai sinar-X
pemindai cek
pemindai logam
pemindai Optical Mark Reader (OMR)
Di antara jenis-jenis pemindai tersebut, pemindai gambar adalah yang paling sering disebut sebagai pemindai.

10. MEMORI



Memori dikenal juga dengan sebutan RAM (Random Acces Memory). Gunanya adalah untuk penyimpanan data sementara sewaktu digunakan oleh prosesor. Jika komputer di matikan, maka data di RAM akan hilang. Kecepatan membaca data RAM ini lebih cepat jika dibandingkan dengan Harddisk

11. MOTHERBOARD.
 

Motherboar d        atau mainbo  ard mer upakan papan utam a dimana terdapat komponen-komponen sertachip controlleryang bertugas mengatur lalu lintas data dalamsistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untukprocessor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, SoundCard, Internal Modem, dan lain-lain.
B.FUNGSI MOTHERBOARD
Secara umum, motherboard mempunyai fungsi berikut ini :* Organisasi, mengatur dan menentukan alat ( peripheral ) yang bisa dipasang padakomputer* Kontrol, di dalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS yang berfungsimengatur data komponen komputer lain* Komunikasi, hampir semua komunikasi harus melalui motherboard

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Website | Template | Template
Copyright © 2011. Komputerindo - All Rights Reserved
Template Created by admin website Published by Template
Proudly powered by Blogger