Headlines News :
Home » » Perangkat Jaringan

Perangkat Jaringan

Written By Moch. Afrizal Abdi Wiguna on Selasa, 07 Agustus 2012 | 19.03

Jaringan komputer ada 3 jenis yaitu:
a. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN) adalh suatu jaringan yang menghubungkan antara perangkat keras dengan pernagkat lunak setiap komputer dengan menggunakan data yang sma dan mempunyai kecepatan transfer data tinggi agar dapat saling berkomunikasi (sharing) dalam area kerja tertentu. Area yang termasuk dalam lngkup LAN antara lain kantor, laboratorium, gedung sekolah, universitas dan lain – lain. Umumnya jarak jaringan ini tidak lebih dari 1 km karena jika terlalu jauh maka transfer data atau informasinya menjadi lebih lambat.
 
b. Metropolitan Area Network (MAN)
Merupakan system jaringan komputer yang mempunyai area kerja antar kota dalam satu provinsi. Area jaringan MAN lebih besar dari pada area jaringan LAN. Jaringan MAN berguna untuk membangun jaringan dikantor – kantor dalam wilayah satu kota, gedung,pabrik,kampus dan kantor pusat yang masih berada dalam area jangkauannya. Dalam hal ini,jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan – jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar.
 
c. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network adalah jaringan yang ruang lingkupnya mencapai antar provinsi bahkan antar negara. Biasanya, jaringan ini menggunakan sarana satelit atau kabel bawah laut


  
2. Komponen Perangakat Keras untuk pembangun Jaringan
Untuk membangun jaringan LAN dibutuhkan beberapa komponen penting, diantaranya sebagai berikut.
a. Komputer untuk server, yaitu suatau komputer yang dijadikan sebagai pusat atau pengendali yang berisi program dan data serta berfungsi sebagai penyedia layanan kepada komputer atau program lain yang sama atau berbeda.
b. Komputer untuk Workstation (client), yaitu komputer yang dijadikan sebagai client yang bekerja sebagai pengolah data yang diakses dari komputer server.
c. LAN card atau NIC (Network Interface Card), yaitu perangkat keras untuk melakukan komunikasi antarkomputer atau jaringan.

d. Hub, digunakan untuk menghubungkan beberapa segmen ethernet menjadi satu segmen. Dlam hal ini,komputer yang terhubung kesebuah hub melalui pertukaran data secara bergantian.

e. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), digunakan untuk menghubungakan komputer dalam suatu jaringan.

f. Konektor RJ 45,merupakan penghubung atau konektor untuk kabel UTP.
Selain komponen perangkat keras diatas, peralatan lain yang dibutuhkan untuk meningkatkan atau memperluas jaringan (internetworking) adalah sebagai berikut.
a. Switch, berfungsi untuk mengalokasikan jalur lalu lintas data dari setiap segmen jaringan dapat dilakukan secara bersama – sama

b. Repeater, merupakan periferal untuk mengulangi sinyal yang diterima sebelum dikirim ke alamat tujuan dalam sistem jaringan. Repeater ini dapat tergabung dengan hub yang sering disebut dengan hub aktif.
c. Bridge, merupakan periferal jaringan yang menghubungkan beberapa segmen jaringan sepanjang jalur data. Periferal ini digunakan untuk menggabungkan beberapa jaringan.

d. Router, berfungsi untuk memilih jaringan tujuan dan meneruskan pengiriman paket data pada jaringan khusus. Router hanya dapat bekerja berdasarkan sebuah protokol jaringan. Periferal juga digunakan untuk menggabungakan beberapa jaringan.
e. Gateway, yaitu alat yang dipakai jika lapisan OSI dari dua buah jaringan LAN benar – benar tidak identik. OSI merupakan suatu standar komunikasi antarmesin yang terdiri atas 7 lapisan. Jika OSI berasal dari jaringan yang berbeda,maka jaringan menggunakan arsitektur yang berbeda pula.Hal ini berarti ketujuh lapisan OSI juga berlainan.
3. Topologi Jaringan
Merupakan arsitektur komputer jaringan,yaitu bagaimana suatu jaringan disusun sedemikian rupa sehingga komputer dapat saling terhubung satu dengan lainnya. Secara garis besar, terdapat tiga jenis tipologi yaitu tpologi bus, star dan ring.
a. Topologi bus
Jaringan yang menggunakan topologi bus disebut juga dengan linier bu karena hubungannya hanya melalui satu kabel yang linier. Kabel yang biasa digunakan adalah kabel koaksial. Selain itu, pada awal dan akhir dari kabel jaringan diberi terminator.
b. Topologi Star (bintang)
Dalam topologi star, hubungan antarnode dihubu8ngkan dengan perlatan yang disebut dengan hub atau concentrator. Setiap nodenya akan dihubungkan dengan kabel ke hub.
c. Topologi ring
Setiap node dalam topologi ring saling berhubungan dengan node lainnya sehingga berbentuk sep[erti lingkaran (ring).
4. Peralatan Jaringan
Hubungan komunikasi antar komputer harus menggunakan suatu perlatan yang dipasang dalam sistem jaringan. Peralatan tersebut antara lain sebagai berikut.
1. Peralatan Jaringan
a. Network Interface Card, disebut adapter merupakan peralatan utama yang harus ada untuk menunjang komunikasi antar komputer.
b. Media Penghubung Jaringan
1) Jaringan menggunakan Kabel
a) Kabel UTP

b) Kabel STP


c) Kabel Kloaksial

d) Serat Optik

2) Wireless Network, hubungan antarkomputer pada jenis
jaringan ini tidak memiliki jaringan kabel, sehingga sinyal
yang dikirim berupa gelombang elektromagnetik. Jaringan
ini menggunakan gelombang radio sebagai media transmisi.
2. Protokol Jaringan
a. Protokol komunikasi Antarperalatan Jaringan, protocol ini mampu mengatur bentuk dan jenis data yang dikirim.
b. Protokol dari Sistem Operasi yang Digunakan
3. Cara Kerja Jaringan
a. Jaringan Berbasis Server, terdiri dari server yang biasanya menggunakan sistem operasi windows 2000 server, dan client yang menggunakan sistem operasi windows 98SE, Windows 2000 professional, Windows XP atau sistem operasi lainnya.
b. Jaringan Peer to Peer, setiap komputer dapat membuat account user dan berbagi sumber dengan komputer yang lain dalam satu jaringan.
4. Modem (Modulator demodulator), adalah sebuah alat yang digunakan untuk mentransmisikan data dalam bentuk gelombang elektromagnetik dari satu komputer ke komputer lain atau alat yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya. Terdapat dua jenis modem yang ada dipasaran, yaitu:
a. modem internal



b. modem eksternal




Merek modem yang dapatanda temukan dipasaran antara lain:
a. Robotic
b. Prolink
c. Rockwell
d. TP-Link
e. D-Link
berikut ini rangkaian sederhana modem dalam jaringan komputer
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Belajar Jaringan

Loading...
 
Support : Website | Template | Template
Copyright © 2011. Komputerindo - All Rights Reserved
Template Created by admin website Published by Template
Proudly powered by Blogger